Tips Cara Cepat Beli Bitcoin dengan Rupiah

Mungkin bagi beberapa orang yang baru mengenal Bitcoin dan tertarik memilikinya, masih bingung tentang cara bagaimana mendapatkannya. Padahal mata uang virtual Bitcoin bisa dibeli dengan mudah di exchanger cryptocurrency terkemuka. Bahkan di Indonesia juga telah tersedia, misalnya di VIP Bitcoin dan Triv.

Di exchanger tersebut, kita bisa membeli Bitcoin dengan menggunakan mata uang Rupiah secara langsung dari rekening bank. Jadi tidak harus menggunakan USD atau EUR.

Bagi pemula perlu diingat bahwa membeli Bitcoin tersebut tidak harus dalam satuan bulat, misalnya 1, 2 atau 3 BTC dan seterusnya. Jadi tidak harus menunggu uang terkumpul dulu baru bisa beli Bitcoin. Karena kita tahu harga 1 BTC sudah mencapi puluhan juta Rupiah.

Pecahan BTC adalah sampai delapan digit dibelakang koma, yaitu hingga BTC 0.00000001. Sehingga kita bisa mendapatkan BTC sesuai dengan nominal Rupiah yang mau kita tukar. Misalkan rate BTC/IDR yang sedang berlangsung adalah 1 BTC= Rp 40.000.000. Maka jika kita tukar Rp 100.000, kita akan mendapatkan 0.0025 BTC.

Beli Bitcoin melalui VIP Bitcoin

Sampai saat ini VIP Bitcoin.co.id adalah exchanger terbesar di Indonesia. Volume perdagangan BTC sdh mencapai diatas Rp 25 milliar per hari. Belum lagi Bitcoin Cash yg juga telah mencapai diatas Rp 20 milliar per hari, ditambah perdagangan altcoin lainnya. Sudah tentu jumlah yang besar untuk market Indonesia.

Untuk mulai tukar Rupiah menjadi Bitcoin, kita terlebih dulu membuat akun di VIP Bitcoin, dan melakukan verifikasi data diri yang cukup mudah. Menurut pengalaman saya, customer services mereka sangat responsif kepada pelanggan. Jangan lupa cantumkan email dan telepon yang sebenar-benarnya, karena ini berhubungan dengan uang.

Setelah itu akun sudah siap di gunakan, dan kita akan memiliki beberapa wallet (dompet) di VIP Bitcoin, tempat menyimpan saldo. Diantaranya adalah wallet IDR, BTC, BCH, ETH, ETC, XRP dan lain-lain.

Transfer Rupiah ke wallet IDR

Untuk pengisian saldo wallet IDR ada beberapa cara. Akan tetapi saya lebih suka menggunakan cara instant transfer dari rekening bank. Artinya, begitu kita transfer, uang kita langsung otomatis masuk ke wallet.

Pertama klik Setor/Tarik Rupiah di dashboard VIP Bitcoin.

Pada tap Setor Rupiah, isi kolom jumlah yang mau diisikan, detail bank dan nomor akun bank yang akan digunakan.

Transfer Online ke Bank Permata

Lanjutkan

Pada ATM/Transfer anda boleh memilih Permata.

Lanjutkan lagi sampai anda dapatkan nomor virtual account khusus untuk transaksi anda pribadi.

Lakukan transfer via ATM atau SMS banking ke akun virtual khusu yang anda dapatkan tersebut. Dalam hal ini, karena saya menggunakan ATM BNI, maka saya menggunakan fasilitas transfer antar bank dengan sms banking.

Laporan transfer dari BNI SMS banking

Setelah selesai, maka nominal Rupiah anda sudah langsung masuk kedalam wallet.

Tukar Rupiah dengan Bitcoin

Pada dashboard akun sebelah bawah wallet, anda bisa menemukan kolom Beli Bitcoin. Masukkan nominal Rupiah yang akan anda gunakan untuk membeli Bitcoin. Harga yang tertera saat itu adalah live rate yang terjadi pada market. Klik tombol “Lanjutkan”.

Setelah itu check kembali ringkasan transaksi pembelian Bitcoin yang akan anda lakukan.

Jika sudah benar, klik “Lanjutkan” untuk mengakhiri transaksi. Dan itu berarti pembelian anda telah selasai dengan sukses dan instant. Check kembali di wallet BTC VIP Bitcoin, telah terisi dengan BTC sejumlah yang anda beli.

Nah, sekarang anda telah memiliki Bitcoin di dalam wallet BTC VIP Bitcoin. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *