Cara Beli Bitcoin di Indonesia



Top Crypto Exchanger

               

Selain merupakan pioneer, Bitcoin (BTC) adalah mata uang atau asset digital yg paling populer sampai dengan saat ini. Ibaratnya jika di dunia nyata (mata uang fiat), Bitcoin ini bagaikan USD di dunia cryptocurrency. Meskipun telah muncul ribuan crypto yg menawarkan berbagai keunggulan, Bitcoin tetap memegang market share paling besar.

Di indonesia, BTC memang tidak diakui sebagai mata uang, akan tetapi diperkenankan sebagai asset digital. Artinya boleh diperjual belikan akan tetapi tidak diakui sebagai alat pembayaran, layaknya saham, emas atau berlian.

Bagi yang ingin memiliki asset digital ini, di Indonesia bisa membelinya melalui exchanger terkemuka. Seperti halnya bisnis lainnya selalu ada kompetitor bermunculan, sampai dengan tulisan ini dibuat, exchanger digital asset terbesar dan berdiri cukup lama di Indonesia, adalah Indodax.

Untuk pembelian digital asset, pertama-tama adalah mendaftar dan membuat akun di Indodax. Setelah itu member akan diwajibkan untuk melakukan verifikasi data diri sesuai dengan panduan di website mereka. Setelah terverifikasi dan prosesnya umumnya memakan waktu satu hari, akun siap digunakan untuk digunakan.

Pada dasarnya, pada Indodax member akan mendapatkan beberapa wallet (dompet), yaitu wallet Rupiah (IDR), dan wallet digital asset, contohnya Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Tron (TRX), Cardano (ADA), dll sesuai dengan digital asset yang diperdagangkan di Indodax. Fungsi wallet tersebut adalah untuk menyimpan Rupiah atau asset secara otomatis.

Untuk melakukan beli BTC, member Indonesia bisa mentransfer saldo IDR terlebih dahulu ke wallet IDR di Indodax. Minimal transfer sampai saat ini adalah Rp 100.000. Pilihan deposit cukup banyak, melalui transfer bank, virtual account, tranfer virtual account via Indomart, alfamart dll.

Setelah saldo masuk, proses pembelian Bitcoin bisa dimuali dengan masuk ke market BTC/IDR. Harga yang berlaku di market tersebut adalah real time. Setelah mbeli BTC yg sesuai dengan saldo IDR yang kita punya dan harga market yang kita inginkan, kita akan mendapatkan Bitcoin dan langsung masuk ke dalam wallet BTC di Indodax. Hal ini juga berlaku proses yang sama dengan pembelian digital asset lainnya.

Jika kita suka menyimpan BTC kita di Indodax diperkenankan sampai kapanpun, hal ini tidak masalah karena wallet tersebut adalah 100% milik akun kita. Sementara ini banyak trader Indonesia yang suka menyimpan asset di exchanger tersebut, karena terkoneksi dengan Rupiah. Sedangkan jika kita suka menyimpan di wallet lainnya, kita tinggal mentransfer BTC kita tersebut dari Indodax ke wallet lain yang kita punya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *